Soal Sel Mewah di Cipinang, Buwas: Mungkin Ada Juga di Nusakambangan

285

Palanta Minang — Badan Narkotika Nasional berhasil mengungkap sel mewah yang dihuni Harianto Chandra, tersangka pencucian uang Rp 39 miliar di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Cipinang. Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas) mengatakan tak menutup kemungkinan sel mewah ada di Lapas lain termasuk LP Nusakambangan.

“Saya yakin ada (Lapas Nusakambangan) itu kan sudah ada contoh. Kita temukan di Medan ada, di beberapa tempat iya. Jadi kemungkinan terjadi itu ada,” kata Buwas di Kantor BNN, Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (15/6/2017).

Namun BNN, disebut Buwas tidak memiliki kewenangan untuk mengecek dugaan adanya sel mewah tersebut. Buwas pun menyerahkan sepenuhnya kepada Dirjen Lapas dan Kepala Lapas.

“Sekarang bagaimana kemungkinan itu tidak terjadi. Ya kewenangan Dirjen Lapas dan Kalapas untuk mengecek lingkungan tugasnya bukan BNN. BNN tak mempunyai kewenangan itu,” ucap Buwas.

Karena itu, Buwas meminta perbaikan sistem yang ada di Lapas sekarang ini. Menurut Buwas sistem yang ada sekarang belum mampu mengetahui akar permasalahan.

“Mungkin sistemnya belum memahami secara keseluruhannya. Belum bisa mencari akar masalahnya, jadi modus operandi oknum itu harus terungkap jelas. Jangan ditutup-tutupi,” ungkap Buwas. (ibh/rvk)

Sumber: detik.com

Comments

comments

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY